Selasa, 25 Januari 2011

Konflik ideology korea

Awalnya masyarakat korea menganut ideology konfusius yang telah melakat dari masa kerajaan silla bersatu sampai kerajaan koryo dan telah ditetapkan sebagai ideology penguasai kerajaan chosun.
Kebudayaan konfusiun memberikan pengaruh yang sangat besar untuk memastikan kesadaran politik seluruh rakyat korea. kebudayaan konfusius juga menjadi unsure-unsur penting dalam pandangan kenegaraan dan pandangan kaum elit Negara. Kaum elit Negara merupakan perwakilan dari rakyat korea sehingga mereka harus menjadi contoh yang baik bagi rakyat. KKN harus dihindari oleh kaum elit Negara.
Setelah jepang kalah dalam perang dunia II, maka korea dijadikan sebagai Negara aneksasi perang, dengan pembagian:
1.      Korea yang berada disebelah uatar garis batas 38o Lu menyerah kepada Uni soviet
2.      Korea yang berada di sebelah selatam garis batas 38o Lu menyerah pada amerika serikat.
pada akhirnya pihak korea selatan dibawah pengaruh AS mengembangkan ideology liberal-kapitalis, sedangkan korea seltan di bawah pengaruh Uni Soviet mengambangkan ideology sosialis-komunis. Karena masing-masing pihak didirikan dengan pemerinthan yang berlainan sistem dan ideology maka menyebabkan perbedaan dan pemisahan semenanjung korea secara politis.
Ideology korea uatar dan korea selatan yang jelas berbeda menyebabkan hubungan antara kore utara dan selatan saling menjauh. Pemisahan selama 5dasawarsa itu memeprlebar jurang perbedaan dalam bidang politik, ekonomi, social, budaya, dll.

Potensi konflik di Asia Timur

Beberapa factor yang dapat memicu timbulnya konflik di asia timur:
1.      Kerancuan dan manipulasi sejarah yang mengabu-abukan fakta sejarah yg diinterpretasikan oleh masing-masing Negara berbeda-beda.
2.      Penemuan sumber mineral di kawasan perbatasan yg memicu dan mendesak kepentingan nasional masing-masing Negara yg terkait dengan perbatasan tsb
3.      Penempatan kekuatan militer di kawasan perbatasan yg mengundang reaksi keras dari Negara lain yg berbatasan langsung dengan lokasi kekuatan militer tsb
4.      Persaingan perkembangan ekonomi di kawasan perbatasan antar Negara yg memiliki akses terhadap konflik diperbatasan
5.      Perebutan pengaruh dari Negara-negara maju terhadap suatu Negara atau kawasan perbatasan
6.      Konflik patrol laut untuk menjaga keselamatan nelayan masing-masing Negara sering mneimbulkan ketegangan-ketegangan terutama jika nelayan ke wilayah Negara lain.

Beberapa potensi konflik yang mesih dalam persengketaan di kawasan asia timur:
1.      Klaim kepemilikan kepulaun spartly antara china, Taiwan, Filipina, vietnam, brunei, dan Malaysia.
2.      Konflik jepanng china
3.      Klaim kepemilikan takeshima anatar jepang dengan korea selatan
4.      Konflik china Taiwan
5.      Konflik anatar jepang dan korea utara
6.      Konflik korea utara dan korea selatan

Dampak konflik di asia timur
1.      Hubungan antar Negara dikawasan asia timur menjadi tidak harmonis karean tiap Negara sering melakukan propasganda untuk kepentingan masing-masing
2.      Mengahmbat kerjasama dalam berbagai bidang
3.      Mengganggung stabilitas politik dan ekonomi Negara yang berkonflik
4.      Konflik tidak hanya melibatkan Negara-negara yang ada di asia timur tapi juga Negara lain yang igin menanamkan pahamnya di asia timur.

Kemajuan Ekonomi Korea

Factor yang mendoronng perkembangan perekonomian korea:
1.      Inovasi industry
Korea menciptakan berbagai inovasi dalam kebijakan ekonominya agar banyak investor yang menanamkan modalnya pada perusahaan korea
2.      Ilmu pengetahuan dan teknologi
Korea berusaha mengembangkan investasi penelitian yang menunjang perkembangan pengetahuan yang berkaitan dengan teknologi yg dapat mempermudah proses produksi.
3.      Informasi dan komunikasi
Hampir setiap warga korea mempunyai fasilitas telpon seluler dan koneksi internet disetiap rumah. Sebagian besar masyarakat korea adalah masyarakat industry yang dari makanan sampai transportasi tergantung dengan computer dan teknologi informasi.
4.      Kebijakan dalam bidang ekonomi
a.       Investasi asing langsung
b.      Liberalisasi pasar modal
c.       Sistem pendukung yang berorientasi pada investor
5.      Implementasi ajran konfusius
Ajaran konfusius yang dilihat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi korea dengan cepat adalah ajaran mengenai kepatuhan dan kesetiaan, pemahaman bahwa Negara adalah agen moral yang aktif dalam pembangunan masyarakat, pembangunan atas status dan hierarki, penekanan pada pengembangan diri dan pendidikan, dan perhatian terhadap harmoni soaial, sikap hormat kepada pemerintah dan patuh pada atasan, mengutamakan kepentingan kelompok diatas kepentingan sendiri.
6.      Dampak penjajahan jepang
Kolonialisme jpang yang begitu brutal telah meninggalkan bekas ekonomi-politik korea selatan yang kemudian memiliki kemampuan pertumbuhan yang tinggi sebagai jalan menuju pembangunan.

Factor yang menghambat perkembangan perekonomian korea
1.      Pengaruh ideology tertutup (khususnya untuk korea utara)
2.      Prolifiderasi nuklir

Dampak perkembangan perekonomian korea bagi dunia internasional
1.      Lahan investasi asing
2.      Penghubung logistic internasional

Jepang Pasca PD II

Setelah menyerah pada sekutu pada 14 agustus 1945, jepang memasuki zaman kependudukan. Amerika serikat ditunjuk menduduki jepang karena As banyak mengenal dan mengetahui tentang jepang disbanding Negara sekutu lainya.
Politik pendudukan As di jepang memang keras, namun kuga lunak, karena jepang diberi kesempatan untuk mengambangkan ekonomi dan diberi bantuan untuk mengembangkan sistem demokrasi.
Tugas yang diemban pemerintah pendudukan adalah:
1.      Melikuidasi militerisme jepang dan nasionalisme yang dipengaruhi militerisme
2.      Mengadili pejabat-pejabat perang dengan mengecualikan tenno dari mereka
3.      Menyingkirkan dari pimpinan yang dianggap turut bertanggung jawab atas politik agresi
4.      Pembayaran rampasan perang atas Negara-negara yg dirugikan
5.      Penghancuran industry perang dan pelucutan senjata jepang
6.      Melaksanakan langkah-langkah pendemokrasian jepang di bidang politik, ekonomi, dan pendidikan.
Untuk melaksanakan tugasnya, As dibantu:
1.      Tentara pendudukan yg sebagian adalah tentara AS
2.      Merkas besar di Tokyo yg dibagi dlm bagian-bagian yg masing-masing bertanggung jawab atas kelancaran petahanan penduduk
3.      Tim pemerintahan yang terdiri dari golongan militer yg berada di tingkat propinsi yg menjalankan kebijakan di tempat itu.
Masa pembaharuan As di jepang dibagi menjadi:
a.       Masa pembaharuan (1945-1948)
Tujuan umum pembaharuan ini adalah menjadikan jepang lebih demokratis dan stabil, baik dalam bidang politik maupun ekonomi. As menghendaki agar setelah jepang kuat, kelak akan menjadi teman dalam mengahadapi pengaruh komunisme Rusia dan RRC.
Pembangunan dibagi menjadi dua, yaitu:
1.      Pembangunan jangka pendek, dengan tujuan mencapai self supporting
2.      Pembangunan jangka panjang dengan tujuan mencapai stansar hidup yang semakin tinggi melalui industrialisasi sesuai dengan kemampuan.
Dalam masa pembaharuan ini, kekuasaan dan kekayaan Negara dibagi secara adil dianatar golongan petani, burh, kotawan, orang kaya. Semnetara itu jabatan dalam pemerintahan dirombak sama sekali, pangkat-tingkat jabatan ditentukan secara kategori dan bukan karean jasa-jasanya.
Pembaharuan dilakukan dengan baik, jepang menerima pembaharuan tanpa pemberontakan.
b.      Masa penetapan
Pada masa ini ditetapkan oleh As bahwa kekuasaan dan kekayaan golongan militer telah dibagi secara merata.
Pada masa ini mulai terdengar kritik-kritik mengenai pendudukan As di jepang, terutama dikalangan golongan terpelajar yang prokomunis.
Mc Arthur ingin menyerahkan kedaulatak kepada jepang namun dihalangi ole Rusia karena tidak ingin melihat demokrasi jepang sukses dan menghambat perkembangan komunis.
c.       Masa peninjauan kembali
Perselisihan Mc Arthur dengan Presiden Truman membuatnya diganti oleh jendral Matthew Bidgway di jepang. Matthew membiarkan jepang mengambi kepemimpinannya sendiri. sepetember 1951 dilakukan persetujuan san fransisico yg berisi:
1.      Jepang mengakui kemerdekaan korea dan kehilangan hak atas korea beserta pulau-pulau quelpart, port halmilton, dan degelet.
2.      Jepang kehilangan hak atas Taiwan dan percadores
3.      Jepang kehilangan hak atas kuril, sakalin, dan pulau-pulau yg telah diserahkan kepadanya oleh perjanjian portmush th 1905
4.      Jepang menyerahkan segala milikinya di pasifik
5.      Jepang kehilangan hak atas antartika
6.      Jepang kehilangan hak atas pulau spartly dan paracel
Pendudukan kaisar ssat itu menjadi berubah. Yang dulunya feodal, memgang kekuasaan penuh dan dianggap suci,diubah semua. Kaisar kini menjadi simbol kesatuan rakyat, kedudukan kaisar atas kehendak rakyat, kedaulatan tertinngi ada ditangan rakyat.
Hasil-hasil masa pendudukan
1.      Politik pemerintahan
a.       Terbentuknya konstitusi 1947, menggantikan kontitusi 1889, dimana kekuasaan kaisar yg dulu dianggap suci dan tidak diganggu gugat sekarang berdasar kehendak rakyat.
b.      Dihidupkan kembali parpol-parpol seperti partai liberal dan partai demokrasi sosia
c.       Huhungan natara agama Shinto dan pemerintahan jepang
2.      Ekonomi
a.       Zaibatsu dibubarkan
b.      Diperbaharuinya UU agrarian tahun 1846 dimana tuan tanah tidak berdiam di tanahnya (absentte) harus menjual kepada pemerintah
3.      Social
a.       Dibentuknya organisasi serikat buruh dan pendudukan mengeluarkan larangan buruh pemerintahan mengadakan pemogokan
b.      Semua orang militer, pembesar tinggi kepala perusahaan dan pemimpin intelektual dipercaya mempunyai hubungan agresi jepang berdasarkan pekerjaannya dihentikan dan dilarang mendapat jabatan
4.      Pendidikan
Pendidikan bertujuan untuk mengubah semangat dan isi pendidikan sekolah
5.      Militer
a.       Perjanjian postdam menetapkan bahwa semua perang dan orang-orang yang melakukan kejahatan pada tawanan perang sekutu akan dihukum.
b.      Dibentuk pengadilan internasional di tokyo


China dibawah Pemerintahan Mao Tse Tung

Mao lahir dari keluarga miskin sehingga harus hidup prihatin dan bekerja keras. Kerika kecil Mao dikirim untuk belajar di sekolah dasar yang mengajarkan tentang ajaran konfusius. Umur 13tahun ayahnya menyuruh Mao berhenti sekolah untuk bekerja. Mao memberontak dan bertekat ingin menyelesaiakan pendidikannya. Mao kabur dari rumha dan melanjutkan sekolahnya samapi kuliah di Universitas Beijing.
Mao mendirikan partai tahun 1921 dan semakin hari semakin vocal. Antara tahun 1934-1935 ia memegang peran utama dan memimpin tentara merah china mnejalani “long mars”. Sejak tahun 1937 ia ikut mneolong memerangi tentara Dai Nippon yang menduduki wilayah Cina. Dalam perang melawan kaum nasionalis ini, Mao memimpin kaum merah dan akhirnya ia menang pada tahun 1949.

a.Mendirikan RRC dan Menjalain Hubungan dg Uni Soviet
Menyadari bahwa kesempatan untuk mengusir pasukan Jiang dari dartan Cina tinggal selangkah, Mao pada 1 Oktober 1049 mengumumkan berdirnya Republik Rakyat China (RRC). Pemerintahan Mao lalu menjalin hubungan dengan Uni Soviet sehingga Uni Soviet langsung mengakui berdirinya RRC.
Hubungan dengan Uni Soviet semakin erat dengan diundangnya Mao ke Moskow untuk membicarakan hubungan persahabatan antar kedua Negara. Uni soviet menjanjikan bnatuan dalam bentuk pinjaman keuangan transfer teknologi, 20.000 pemuda china dikirim ke Uni Soviet untuk menuntut ilmu dan Uni Soviet mengirim 10.000 tenaga ahli di bidang teknik ke China.
Tugas berat yang harus dijalani Mao dalah membangun kembali cina yg hancur akbat penjajahan Jepang dan perang saudara. Agar itu terlaksana, pemerintah menjaga kestabilan social dan ekonomi. Upaya yg dilakukan:
1.       memberikan kekuasaan pada petani dan buruh, senaliknya memangkas kekuasaan kaum pemilik modal, tuan tanah kapitalis, intelektual dan orang asing.
2.      Mengendalikan surat kabar dan buku dengan menyensor ketat
3.      Dilakukan modernisasi terhadap peralatan industry, kereta api, sekolah, rumha sakit, bendungan, serta fasilitas umum lainya.
Rekonstruksi dalam bidang ekonomi dilakukan dengan:
1.      Mengendalikan peredaran uang, perbankan serta pemberian kredit, dalam waktu setahun inflasi berhasil dikendalika.
2.      Mei 1950, pemerintah mengaluarkan mata uang baru yang disebut renminpiao
3.      Melarang penggunaan mata uang asing
4.      Pemerintah menguasai industry kunci yang dibangun oleh pemerintah nasional.

b.   Putusnya hubungan dengan Uni Soviet
Mao pada akhir tahun 1957 menyimpulkan bahwa Uni Soviet tidak dapat lagi dijadikan sebagai model pembangunan China. China perlu menemukan caranya sendiri untuk memecahkan berbagi permasalahan yakni dengan mengerahkan sumberdaya yang sangat berlimpah di negerinya yang berupa tenaga kerja. Mao akan mengubah china dari Negara agraris menjadi industry dalam waktu sekejap.
Secara prisndip, program mao ini adalah meningkatkan industry ringan, produksi baja, dan kontruksi secara besar-besaran serta pengerahan tenaga rakyat.
Namun kebijakan baru Mao ini justru menuai bencana. Hasil panen gandum yg melimpah tahun 1958 dibiarkan membusuk karena kaum pria yg harusnya memanen harus bekerja di lading. Sebagai akibatnya 30 juta rakyat China meninggal karena kelaparan pada tahun 1959-1962.
Mao juga berambisi menggantikan Uni Soviet menjadi pemimpin komunis dnia. Tahun 1963 Mao menuduh Khruschev telah mengkhianati komunis dan mendukung kapitalisme, akibatnya terbentuklah 2 kubu yang pro-Soviet dan Pro-China. Hubungan dengan Uni Soviet menjadi putus dan ilmuwan yang ada di cina ditarik kembali.

c.    Revolusi Kebudayaan
Kegagalan kebijakan Mao menyebabkan pengunduran dirinya sebagai ketua umum RRC tahun 1959 dan digantikan oleh Liu Shaqoi. Kegagalan ini mengakibatkan kritik berlanjut kepada Mao.
Tergerak karean penderitaan rakyat, Liu Shaoqi memiliki gagasan untuk melunakan penindasan pemerintah terhadap kehidupan social-ekonomi rakyat dengan program Tiga Milik Pribadi dan Satu Garansi. Liu mengizinkan rakyat mengerjakan tanah miliknya dan memiliki usaha kecil untuk dijual di pasar bebas.
Untuk mengimbangi sepakterjang kaum moderat, Mao mencanangkan gerakan pendidikan sosialis pada mahasiswa dan kaum muda, karena tidak didukung oleh partainya.
Mao dan pendukunganya membentuk garda merah. Buku-buku yang memuat ajaran tradisional bangsa Thionghoa serta bneda-bendsa antic warisan leluhur dihancurkan. Penguasa yang tidak sepaham akan disiksa. Akibatnya meletuslah apa yang disebut revolusi kebudayaan yang membuat Negara semakin kacau dan anarki.
9 september 1976, Mao wafat. Era revolusi kebudayaan diangggap berakhir seiring dengan waftanya Mao. Revolusi kebudayaan sebenarnya dipicu oleh pertentangan antara kubu radikal dan democrat dalam partai komunis china serta kegagalan kebijakan Mao. Setelah itu RRC semakin terbuka. 

Timbulnya Nasionalisme di Asia Timur

a.      Nasionalisme di China
Yang melatar belakangi timbulnya nasionalisme di China adalah:
1.      Penyelewengan dan kelemahan Dinasti Manchu
-          Dinasti Manchu memerintah china secara feudal dan memperbudak orang-orang china
-          Sesudah kaisar terakhir Manchu meninggal, lenyap sudah kemakmuran china karena terjadi perebutan kekuasaan dalam dinasti Manchu
-          China seolah-olah dijual kepada bangsa barat
-          Banyak korupsi dalam kubu dinasti
2.      Kesadaran bangsa China
-          Kekalahan dari jepang (dalam perang candu II) menyadarkan golongan progresif betapa lemahnya china saat berada di bawah dinasti Manchu
-          Keburukan pejabat dinasti Manchu, kekalahan militer dan dimplomasi dengan bangsa barat membuat rakyat china tidak lagi percaya dengan dinasti Manchu
3.      Munculnya tokoh nasionalisme Sun Yat Sen
-          Cita-cita Sun Yat Sen adalah membebaskan China dari pemerintahan dinasti Manchu yang menyebabkan rakyat china menderita.
-          Prinsip Sun Yat Sen, San Min Chu I (3 asas rakyat): min tse (nasionalisme), min chu (demokrasi), min sheng (sosialisme), bertujuan menjadikan china bangsa merdeka dg pemerintah pusat yg demokratis, berkehidupan layak, serta sejajar dengan bangasa lain di dunia.
Perkembangan nasionalisme china mendorong revolusi chjina tahun 1911. Melalui canton (ibu kota kuantun) masuklah ide-ide, paham-paham, dan pikiran barat yang liberal. Dibawah Sun Yat Sen, mereka bersat dan bersama-sama menggulingkan pemerintahan Manchu dan mengusir bangsa barat dari china.
Perkembangan nasionalisme china setelah revolusi sangat dipengaruhi oleh modernisasi yang mendapat pengaruh dari paham barat.
Tujuan umum dari nasionalisme china adalah reunifikasi dari china daratan dan Taiwan.

b.      Nasionalisme Jepang
Pada masa feudal, nasionalisme jepang terbagi menjadi dua, yaitu:
1.      Perasaan kebangsaan kepada wilayah tempat tinggal (Negara bagian) yang dikuasai oleh daimyo
2.      Nasionalisme sebagai bangsa jepang yang dipersatukan oleh keluarga kaisar atau bakufu.
Sikap nasionalisme jepang ditunjukkan dengan bushido, yaitu kode etik samurai untuk memperetaruhkan jiwa dan raga demi membela kaisar dan keluarganya.
Pada masa sogun tokugawa, nasionalisme berkembang dalam bentuk menentang keras kapal-kapal asing yang masuk ke pelabuhan jepang dengan cara menembakinya, bahkan tidak segan menyiksa awak kapal sebelum dikembalikan ke Negara asalnya. Hal ini dilakukan demi mempertahankan jepang dari pengaruh asing dan merupakan wujud kesetiaan rakyat dengan negeri dan pemimpinnya.
Setelah jatuhnya sogun tokugawa yang kemudian diserahkan pada kaisar meiji,  yang paling terlihat dari restorasi meiji adalah menghidupkan kembali ajaran bushido pada modernisasi angkatan perang jepang.
Restorasi meiji telah melahirkan semangat kebangsaan dan semangat dalam memperbaiki jepang yang sebelumnya lemah.

c.       Nasionalisme di Korea
Korea mempunyai bentuk nasionalisme yang diwujudkan dalam kebudayaan atau tradisi. Nasionalisme korea tampak dari kecintaannya terhadap kebudayaan sendiri. misalnya dalam upacara sesi custom yang dilakukan berdasarkan lunar calendar yaitu sebuah upacara yang mengakselerasi ritme dari sebuah kehidupan tahunan sehingga seseorang dapat lebih maju.
Setelah korea pecah, menjadi korea selatan dengan paham liberalnya dan korea utara dengan komunisanya, maka nasionalisme korea pun ikut pecah menjadi nasionalisme rakyat korea uatar dan korea selatan.

d.      Dampak Nasionalisme di asia timur
1.      China dengan semangat nasionalisme yang dipimpin oleh Sun yat Sen berhasil menggulingkan pemerintahan Manchu. China muncul menjadi Negara republic dan dapat mengetahui pengaruh yang dimbulkan dari Negara lain untuk mereka.
2.      Jepang dalam nasionalismenya mmapu menjadi graet of power dengan mengalahkan rusia, hal ini dipandang sebagai permulaan nasionalisme di asia yang sebenarnya.
3.      Jepang merupakan pendorong bagi nasionalisme asia. Jepang berjasa menanamkan kesadaran bahwa bangsa kulit putih bukanlah suatu bangsa yang tidak dapat dikalahkan.
4.      Nasionalisme di Korea menjadikan korea utara dan korea selatan menjadi dua bangsa yang berbeda.

Minggu, 23 Januari 2011

pengertian, ruang lingkup, dan cabang-cabang antropologi

Pengertian antropologi


antropologi berasal dari bahasa Yunani, Anthropos yang berarti manusia, dan Logos yang berarti ilmu.
Secara harfiah antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia yang berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya dan untuk memperoleh pengertian atau pemahaman yang lengkap tentang keberagaman manusia (Koentjaraningrat)

Ruang Lingkup Antrpologi
n  Prehistori & Arkeologi
n  Etnologi (diskriptif dan komparatif)
n  Etnografi (diskriptif dan analitik)
n  Etno-multidisipliner
n  Sistem Sosial dan Budaya
n  Perubahan dan Proses Budaya
n  Antropologi Terapan

Pokok Bahasan dalam Antropologi
Lima masalah penelitian khusus, yaitu:
1.      Masalah sejarah asal dan perkembangan manusia (atau evolusinya) dipandang dari segi biologi
2.      Masalah sejarah terjadinya berbagai ragam manusia, dipandang dari ciri-ciri tubuhnya
3.      Masalah sejarah asal, perkembangan, serta penyebaran berbagai macam bahasa di seluruh dunia
4.      Masalah perkembangan, penyebaran, dan terjadinya kebudayaan di dunia
5.      Masalah mengenai asas-asas kebudayaan manusia dalam kehidupan masyarakat-mayarakat suku bangsa di dunia

Ilmu-Ilmu Bagian Dari Antropologi
Paleoantropologi ilmu bagian yang meneliti asal-usul atau terjadinya serta evolusi manusia, yang menggunakan sisa-sisa tubuh yang telah membatu (fosil manusia) yang ditemukan dalam lapisan-lapisan bumi sebagai bahan untuk penelitiannya.
Antropologi fisik dalam arti khusus adalah bagian dari antropologi yang mencoba memahami sejarah terjadinya beragam mahkluk manusia berdasarkan perbedaan ciri-ciri tubuhnya, dengan bahan penelitian berupa ciri-ciri tubuh yang tampak lahir, atau fenotipik (seperti misalnya warna kulit, warna dan bentuk rambut), genotipik (seperti misalnya frekuensi golongan darah).
Etnolinguistik, ilmu bagian yang pada awalnya erat berkaitan dengan antropologi. Penelitiannya daftar kata-kata dan deskripsi tentang ciri dan tata bahasa dari beratus-ratus bahasa suku bangsa di berbagai tempat du muka bumi, maupun bahan. Perkembangan kebudayaan umat manusia yag lalu hingga sekarang, dibagi ke dalam dua bagian yaitu:
1.       Sebelum manusia mengenal tulisan
2.       Setelah manusia mengenal tulisan 

Etnologi, ilmu bagian yang mempelajari asas-asas manusi, meneliti sejumlah kebudayaan suku bangsa yang tersebar di seluruh dunia. Akhir-akhir ini dalam sub-ilmu etnologi berkembang dua golongan penelitian yaitu :
1.       Golongan yang memberi perhatian khusus pada bidang diakrinik
Golongan yang lebih memperhatikan bidang diakronik dari kebudayaan manusia