Kamis, 20 Januari 2011

Globalisasi

Pengertian Globalisasi

  • cohen dan Kennedy, globalisasi adalah seperangkat transformasi yang saling memperkuat dunia yang meliputi perubahan dalam konsep ruang dan waktu, salinng bergantungnnya perekonomian antar negara, peningkatan inetraksi kultural melalui media, dan meningkatnya masalah bersama dalam bidang ekonomi dan lingkungan.
  • Petter Dructer, globalisasi adalah zaman transformasi sosial yang terjadi setiap beberapa tahun dalam sejarah manusia hingga memunculkan sebuah dunia baru yang terus berkembang dari sebelumnya.
  • Martin Albrow, globalisasi merupakan keseluruhan proses dimana penduduk dunia tergabung dalam masyarakat dunia yang tunggal.
  • Rosabeth Moss Kanter, globalisasi sebagai sebuah pusat perbelanjaan global, dalam gagasan bahwa setiap gagasan dan produksinya tersedia disetiap tempat pada saat yanng sama.
  • wiseman, globalisasi adalah kata yang paling rumit yang ada di akhir abad ke-20, karena kata ini memiliki beragam arti dan dapat dipakai dalam berbagai hal.
jadi globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan antar bangsa-bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya, popular, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain. 

faktor Penyebab Globalisasi
1. kemajuan sistem komunikasi dan alat perhubungan
2. meningkatnya perdagangan internasional
3. pariwisata dan migrasi

dampak positif globalisasi
1. semakin terbukanya komunikasi internasional
2. terbukanya peluang untuk mempelajari organisasi-organisasi sosial modern
3. alih teknologi semakin mudah
4. menawarkan bidang-bidang pekerjaan baru, terutama di sektor jasa
5. mempertemukan seni dan budaya antar bangsa

dampak negatif globalisasi
1. cultur shock (goncangan budaya)
2. cultur lag (ketimpangan budaya)