Selasa, 05 April 2011

Penelitian

penelitian ---> research (Re+search)
pengertian penelitian
1. Hillway
penelitian adalah metode sytudi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut.
2. Whitrey
penelitian adalah metode untuk menemukan pembenaran sehingga penelitian juga merupakan metode berfikir secara teoritis.
hubungan antara ilmu, penelitian dan kebenaran
menurut Almaek, penelitian merupakan proses untuk mencari dan membuktikan kebenaran, ilmu adalah hasil yang diperoleh dari sebuah penelitian, hasil yang diperoleh haruslah menunjukkan suatu kebenaran. 
perkembangan penelitian kearah metode ilmiah terjadi karena rasa ingin tahu manusia tarhadap apa yang terjadi disekitarnya.
ilmu logika (silogisme) mempunyai andil besar daam proses menuju metode penelitian ilmiah. yanng menjadi dasar dari penelitian ilmiah adalah nalar, kekuatan analisa yang kritis melalui cara berfikir logis/masuk akal. sillogisme merupakan pendekatan sistematis pertama dalam upaya menganalisa sesuatu menggunakan metode deduktif mulai dari kebenarana umum menuju kesimpulan spesifik.
pelopr ilmu logika adalah Aristoteles (filsuf yunani)
  • aristoteles menerapkan metode deduktif, dari umum ke khusus
  • francis bacon menerapkan metode induktif, dari khusus ke umum
  • charles darwin menggunakan metode deduktif-induktif, kesimpulan dari penilitiannya yaitu tentang penelitian perubahan biologis pada binatang ada kaitannya dengan proses seleksi alam.
  • john davey, menggunakan metode deduktif-induktif dengan proses 1.identifikasi dan pembatasan metode, 2.formulasi hipotesis, 3.mengumpulkan, mengorganisasi, dan menganlisis data, 4.formulasi kesimpulan, dan 5.verifikasi, apakah hipotesis ditolak, diterima atau dimodifikasi.
ciri-ciri penelitian
  1. dirancang dan diarahkan untuk memecahakan masalah tertentu, jawaban masalah menentukan hubungan   2 variable atau lebih sebagai fokus penelitian.
  2. tekanan pada pengembangan generalisasi, prinsip, teori, sehingga hasilnyna mempunyai nilai deskripsi dan prediksi, bukan sekedar memburu dan mengumpulkan data.
  3. berangkat dan bermuara pada masalah atau obyek yang dikaji
  4. memerlukan observasi dan deskripsi yang akurat. untuk itu digunakan kuantifikasi serta berbagai alat pengukuran dan deskripsi yang cermat. instrumen dan prosedur pengumpulan data yang valid agar hasilnya akurat.
  5. berkepentingan dengan penemuan baru, bukan sekedar mensintesa atau mereorganisir hal-hala yang telah diketahui sebelumnya
  6. dirancang secara teliti dan cermat
  7. menuntut keahlian sehingga perlu memahami konsep-konsep, istiah-istilah, menguasai ketrampilan teknis dalam memahami dan menganalisa data (pengetahuan memadai)
  8. diwarnai upaya obyektif dan logis sehingga harus menekankan bias dan pengaruh emosi dalam penelitian
  9. menuntut kesabaran
  10. kadang kadang menuntut keberanian
  11. pencatatan dan pelaporannya dilakukan secara tertib dan cermat
macam-macam penelitian
  1. penelitian dasar / murni, tujuan berkepentingan dengan penemuan generalisasi/ prinsip-prinsip dalam rangka mengembangkan teori ilmu pengetahuan sehingga tidak risan dengan hal-hal praktis. penelitian ini banyak dilakukan di laboratorium
  2. penelitian terapan, tujuannya untuk penemuan" baru yang berkenaan dengan aplikasi suatu konsep teori tertentu yang bersifat praktis. diperlukan dalam rangka perbaikan atau penyempurnaan suatu produk atau proses tertentru. banyak digunakan dalam penelitian pendidikan, baik itu PBM atau bahan-bahan ajar.
  3. penelitian aksi (action research), cara penelitiannya melalui pengamatan dari suatu kebijakan yang sedanga diselenggarakan. tujuannya untuk menkroscek kebijakan itu, mana yang belum efektif dan efisien sesuai dengan tujuan dan target awal maka hasus diperbaiki. misalnya dalam penelitian pendidikan. contohnya : mengembangkan sistem PPL yang efektif dan efisien. 
  4. penelitian deskriptif, berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan apa yang ada (kondisi, hubungan, proses, pendapat, akibat, efek yang terjadi). tujuannya untuk mmebuat penyadaran secara sistenatis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi suatu daerah tertentu.
  5. studi kasusu, tujuannya untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan, suatu unit sosial, individu, kelompok, lembaga, atau masyarakat.ciri-cirinya 1.penelitian mendalam mengenai unit sosial tertentu yang hasilnya merupakan gambaran yang lengkap dan terorganisir baik mengenai unit tersebut, 2.cenderung meneliti jumlah unit, tetapi mengenai variabel dan kondisi-kondisi yang besar jumlahnya, 3.bertujuan untuk pemecahan masalah
  6. penelitian korelaisonal, tujuannya untuk menyelidiki sejauh mana variasi" pada suatu faktor berkaitan dengan variasi" pada 1 atau lebih faktor lain berdasarkan pada koefisien korelasi.
  7. penelitian eksperimen sungguhan, tujuannya untuk menyelidiki kemungkinan saling hubungan sebab-akibat dengan cara mengenakan kepada satu atau ;lebih kondisi perlakuan dan membandingkan hasilnya dengan satu atau lebih kelompok kontrol yang tidak dikenai kondisi perlakuan.