Sabtu, 22 Januari 2011

sola pariwisata bali

Pariwsata di bali
1.       Bagaimana kondisi pariwsata di bali setelah 2 tragedi ledakan bom?
Jawab: pariwisata di bali kini cenderung membenahi dari dalam hal promosi pariwisatanya. Untuk mendukung promosi tersebut, bali lebih memperketat pengamanannya. Promosi yang dilakukan bukan sekedar melalui pariwisata saja, tetapi juga lewat berbagi event yang diselenggarakan di Bali juga sangat membantu dalam mengangani perbaikan idnustri pariwisata di bali. Sehingga dengan sendirinya bali dapat memulihkan nama baiknya akibat ledakan bom beberapa waktu yang lalu.
2.       Apa peran budaya dan kesenian bagi pariwisata di bali?
Jawab: pada umunya, budaya dan kesenian meruapak unsure pendukung bagi pariwisata. Budaya dan kesenian dapat dijadikan obyek wisata yang sangat menarik dan hal ini dapat mendukung perkembangan pariwisata. Hal ini jelas terjadi di bali, budaya dan seni local cenderung dikomersilkan karena dua hal tersebut mengundang ketertarikan wisatawan. Maka budaya dan seni cenderung semakin dikembangkan. Jadi peran budaya dan kesenian di bali ini adalah modal utama yang ditawarkan, sehingga menarik p[erhatian para wisatawan serta budaya dan kesenian di bali dapat dikatakan unik.
3.       Apa yang dilakukan pemerintah untuk memajukan pariwisata di bali setelah peristiwa bom bali yang merenggut banyak korban jiwa?
Jawab: Indonesia dengan mellakukan event-event internasional dengan berupaya menjadi tuan rumah dalam berbagai event olahraga seperti tenis, surfing, volley pantai, dll. Serta melakukan keamanan yang memeberikan rasa aman bagi para wisatawan yang datang ke Bali sehingga dapat mematahkan anggapan di luar bahwa Indonesia sudah kembai pulih dan aman walaupun telah terjadi peristiwa yang banyak merenggut korban jiwa akibat peristiwa bpm bali.
4.       Bagaimana cara mengembangkan pariwisata bali, jika dilihat dari berbagai potensi yang dipunyai Bali?
Jawab: bali memiliki daya wisata yang menarik baik dari keindahan alamnya, budaya, adat istiadatnya dan upacra keagamaannya. Dari memaksimalkan berbagai aspek ini diharap dapat mendoronng pertumbuhan dari segi yang lain, seperti dari indahnya alam dan mengingat bali ada;ah tempat tujuan bagi wisatwan domestic dan paling banyak wisatawan mancanegara membuat banyak munculnya fasilitas seperti hotel dan restaurant yang banyak menjamur di Bali sebahai wisata kuliner. Jadi cara mengembangkan pariwisata di Bali dari tiap potensi yang saling berkait dan saling menunjang satu sama lain sehingga dapat memaksimalkan potensi wisata di bali.
5.       Apa dampak pariwisata bagi masyarakat bali dari segi ekonomi dan sosialnya?
Jawab: jika dilihat dari ekonomi, pariwisata di bali sangat membantu perekonomian masyarakat bali karena banyaknya pariwisata yang mendorong usaha lain yang tumbuh di bali, seperti restaurant dan penginapan dapat memberi lapangan kerja yang luas bagi masyarakat bali selain bekerja di sector pariwisata sebagai guide. Sedangkan dari social, mungkin banykanya wisatawan terutama dari manca Negara memberi dampak barat yang masuk atau westernisasi walaupun tidak signifikan semua mengubah kehidupan dari masyarakat itu sendiri. dapat dilihat masyarakat bali masih melaksanakan upacra-upacara adat atau keagamaannya sehingga menjadi daya tarik tersendiri.
6.       Apa keistimewaan dari bali sendiri sehingga menjadi pariwisata yang paling dikenal di Indonesia?
Jawab: dapat dilihat drai sejarahnya dari kedatangan orang-orang Eropa yang datang ke Bali dan banyak menulis tentang keindahan alam dan keunikan budaya yang ada di Bali, sehingga menjadikan bali terkenal secara tidak langsung dari tulisan-ytulisan yang dibuat oleh orang-orang eropa tersebut, yang menjadikan motivasi tersendiri untuk datang ke bali. Selain itu, adanya julukan bali seperti the island of gods, the island of paradise, the island of thousand temple, dan the magic of the world, yang memberikan legitimasi khusu bagi orang-orang eropa atau masyarakat internasional pada masa itu. Yang menjadikan bali terkenal sampai sekarang disamping terkenal dengan keindahan alamnya yaitu pariwisata upacara keagamaan yang dapat dibilang berbeda dari Negara-negara lainya, yang jug adapt dikatakan unik.
7.       Apa yang dilakukan untuk tetap menjaga kesakralan Bali walaupun dimana banyak juga pariwisata di bali yang dikenal lewat upacara kegamaannya?
Jawab: memang bali bukan saja dikenal pariwiasata tentanng keindahan alamnya saja, tetapi juga upcara keagamaannya dan kehidpan orang bali. Dalam hal pariwisatanya ini ada upacara keagamaan yang memang bisa dijadikan wisata, tetapi juga ada upacra keagamaan yang tidak boleh diliput yang dikategorikan sangat sacral. Sehinggal asal tidak mengganggu dan pastinya dari masyarakat bali sendiri sudah memberi tahu upacara keagamaan yang dapat dijadikan wisata atau tidak. Dan biasanya upacra keagamaan yang dapat dijadikan wisata di Bali contohnya seperti upacra ngaben, dapat dilihat secara umum, walaupun ada bagian dari ritual tersebut yang mungkin tidak dapat dijadikan konsumsi public.
8.       Apa saja sarana dan prasarana yang harus ditingkatkan untuk menunjang pariwisata di Bali?
Jawab: mungkin sarana yang harus lebih diperhatikan untuk pemerintah adalah akses jalan menuju tempat wisata di Bali dan fasilitas lainnya yang dirasakan sangat kurang sehingga terjadi ketimpangan yang beda dengan promosi yang dilakukan. Karena baik buruknya sarana dan prasarana akan memberikan dampak terhadap minat kedatangan wisatwan domestic maupun mancanegara. Karena pariwisata adalah andalan dari Bali dalam hal pendapatan masyarakatnya yang selain itu juga devisa Negara.
9.       Apa saja yang dapat dilakukan untuk promosi pariwisata di Bali?
Jawab: dengan memanfaatkan kemajuan pengetahuan dan teknologi pada zaman sekarang dengan pembuatan alamat website tentang pariwisata di Bali. Selain dengan pembuatan brosur ataupun pamphlet, sehingga dapat dikenal tidak hanya di dalam negeri tetapi juga sampai ke luar negeri. Selain itu, dengan digelarnya event-event penting di Bali yang mengsung potensi wisata di daerah Bali. Yang dapat dilihat seperti dengan adanya kedatnagn Julia Robert dalam pembuatan film yang berjudul Eat, Pray,Love yang salah satunya mengambil setting tempat di Bali memberikan kontribusi dengan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara di Bali serta memberikan dampak positif pada sector pariwisata di Bali. Selian itu pada tahun 2010 di muat dalam artikel media Indonesia terdapatnya wacana bali menjadi tujuan utama wisata kapal pesiar dengan memanfaatkan keberadaan pelabuhan benoa yang dijadikan salah satu tempat singgahnya kapal pesiar, yang kemudian disusulnya palubuhan tanah mapo di kabupaten karangasem sudah jadi sehingga dapat meningkatkan pariwisata di bali.
10.   Apakah pariwisata di Bali dapat juga manrik industri lain yang ada di bali?
Jawab: pariwisata di Bali yang menarik keindahan alam di Bali dapat juga menarik industry lain seperti industry kerajinan yang merupakan buatan khas dari bali menjadi daya tarik penunjang dari iwsata yang ada. Serta banyaknya industry restaurant dan hotel yang banyak di bnagun di bali sebagai akibat dari pariwisata di bali yang semakin meningkat.