Sabtu, 22 Januari 2011

sola pariwisata di purworejo

1.      Apa yang menjadi cirri khas dari pariwisata di Purworejo?
Jawab: pariwisata Purworejo pada menonjolkan keindahan pantai di bagian selatan purworejo yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Selain itu pemandangan alam yang dapat dinikmati dari pegunungan serayu juga menjadi daya tarik tersendiri dari wisata di purworejo. Terdapat pula wisata budaya tari dolalak yang terus dikembangkan untuk melestarikan sekaligus mempromosikan budaya local dari purworejo. Di Purworejo juga terdapat bedug kyai begelen dan masjid jami yang berada di pusat kota.
2.      Kota Purworejo memiliki 3jenis obyek wisata, yaitu wisata alam, wisata religi, dan wisata budaya. Bagaimana kontribusi dari ketiga jenis pariwisata tersebut dalam menunjang kemajuan pariwisata di kabupaten Purworejo?
Jawab: kontribusi dari ketiganya harus seimbang dan saling mendukung untuk kemajuan pariwisata di Purworejo. Keseimbangan ini diharapkan dapat menciptakan Purworejo yang maju dan dapat dikenal baik di kancah internasional maupun nasional. Perlu adanya kerjasama antara masyarakat dengan pemerintah untuk membuat ketiganya seimbang dan menciptakan pariwisata yang maju bagi kota ini.
3.      Mengapa goa seplawan menjadi salah satu obyek wisata di purworejo yang menarik untuk dikunjungi?
Jawab: goa seplawan merupakan goa yang indah dan sangat terkenal di purworejo. Goa ini mempunyai keindahan berupa ornamen yang terdapat di dalam hoa, yaitu skalaktit, skalakmit, flowstone, helekit, soda straw, gower dan dinding-dinding yang berornamen seperti kerangka ikan. Keindahan goe ini yang membuat goa seplawan cock dijadikan obyek wisata. Gemercik air di dalam goa yang menetes dari bebatuan penyusun goa juga mampu menenangkan hati para pengunjung.
4.      Apa keistimewaan obyek wisata goa seplawan dari sudut pandang historis?
Jawab: goa seplawan dalam sejarah cukup istimewa karena disebut dalam Prasasti kayu arahiwang. Da;am prasasti itu dijelaskan bahwa salah satu tempat yang harus dijaga karean kesuciannya adalah goa seplawan. Saat pertama kali ditemukan pada 28 Agustus 1979, di dalam salah satu lorong goa ditemukan patung dewa syiwa dan dewi parwati yang terbuat dari emas murni seberat 1,5kg, hal ini menunjukkan kalau goa seplawan sebelumnnya dijadikan sebagai tempat pemujaan.
5.      Ritual pemujaan yang sering diselenggarakan di goa seplawan berhubungan dengan ritual dimana? Jelaskan!
Jawab: ritual yang sering dilakukan di goa seplawan merupakan bagian dari rangkaian ritual yang biasa dilakukan di Candi Gondoarum yang berada tidak jauh dari goa seplawan. Candi Gondoarum sendiri sekarang nyaris tidak berbentuk lagi. Yang tersisa hanay bekas pondasi candi yang lebih mirip dengan batu yang berserakan. Dulu di candi ini ditemukan lingga-yoni yang ketika diangkat mengeluarkan semerbak bau harum.
6.      Apa yang menarik dari obyek wisata di kawasan geger menjangan?
Jawab: dari bukit geger menjangan yang terdapat di bagian utara kota purworejo wisatawan dapat menikmati keindahan kota purworejo dan pantai selatan dari atas bukit. Pemandangan dari ketinggian 175km diatas permukaan laut ini sangatlah indah dan disukai oleh kalangan anak muda. Di kawasan geger menjangan ini terdapat beberapa sarana penunjang pariwisata yang bisa dinikmati para wisatwan, seperti taman bermain anak, kolam renang, area minicros, panjat tebing, serta gardu pandang yang terdapat di puncak bukit.
7.      Jelaskan Sejarah lahirnya tari dolalak!
Jawab: tari dolalak konon bermula dari peniruan beberapa penggembala terhadap gerakan tarian dansa serdadu belanda. Kata dolalak sendiri berasal dari notasi nada yang dijadikan pengiring dansa seredadu belanda, yaitu notasi do-la-la. Dulunya tarian ini tidak diiringi dengan music instrument, tapi hana dengan nyanyian yang dilagukan oleh sekelompok orang yang melakukan koor bersama. Pakaian penari menggunakan lengan panjang hitam dengan pangkat dipundaknya, mengenakan topi pet dan berkacamata hitam.
8.       Bagiaman peran masyarakat purworejo dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya?
Jawab: masyarakat purworejo sangat besar perannya dalam promosi pariwisata di purworejo. Misalnya dengan membuat blog-blog yang berisi tentang obyek-obyek wisata di purworejo, memasang foto-foto saat berkunjung di obyek-obyek wisata pada jejaring social, mengajak teman atau saudara untuk berkunjung ke daerahnya, meupun berpropmosi dari mulut ke mulut engan bercerita tentang keindahan obyek wisata yang ada di daerahnya.
9.      Bagiamana usaha pemerintah daerah porworejo dalam memajukan pariwisata di daerahnya?
Jawab: untuk memajukan pariwisata di daerahnya, pemda porworejo melakukan perbaikan saran dan prasarana khususnya akomodasi yang mendukung pariwisata, seperti memperbaiki akses jalan menuju obyek wisata, membangun sarana pemunjang diobyek wisata seperti mushola, rumah makan, penginapan, toilet umum, dan lahan parker yang aman. Pemerintah juga memberi peluang kepada investor untuk memberikan investasi guna membangun obyek wisata disana.
10.  Bagiamana kontribusi pihak swasta dalam pariwisata di porworejo?
Jawab: untuk pariwisata di purworejo pihak swasta, khususnya investor belum mempunyai andil yang besar dalam hal pariwisata. Sebagian besar obyek wisata masih di urusi oleh pemerintah daerah dan bekerjasama dengan penduduk sekitar. Retribusi dan perawatan obyek masih dilakukan oleh dinas pariwisata, sedangkan sara pendukung seperti rumah makan, penjualan souvenir, penginapan dikelola oleh warga sekitar.