Selasa, 18 Januari 2011

makna tembang Ilir-Ilir

Lir-ilir, lir-ilir
tandure wis sumilir
Tak ijo royo-royo tak senggo temanten anyar
Cah angon-cah angon penekno blimbing kuwi
Lunyu-lunyu yo penekno kanggo mbasuh dodotiro
Dodotiro-dodotiro kumitir bedhah ing pinggir
Dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore
Mumpung padhang rembulane mumpung jembar kalangane
Yo surako… surak hore…



makna tembang ilir-ilir

  • lir ilir, lir ilir, artinya bangun-bangun atau bisa diartikan hiduplah bisa juga diartikan sebagai sadarlah, maksudnya menghidupkan atau menggerakkan agama islam. Islam baru saja berkembang.
  • tandure wus sumilir, Tak ijo royo-royo tak senggo temanten anyar. artinya berkembangnya agam islam sangat cepat (tandire wus sumilir), sehingga senang melihatnya (ijo royo-royo; ijo=warna islam), banyak raja-raja jawa yg memeluk islam. Sedemikian maraknya perkembangan masyarakat untuk masuk ke agama Islam, namun taraf penyerapan dan implementasinya masih level pemula, layaknya penganten baru dalam jenjang kehidupan pernikahannya.
  • Cah angon cah angon penekno blimbing kuwi, Cah angon maksudnya adalah seorang yang mampu membawa makmumnya, seorang yang mampu “menggembalakan” makmumnya dalam jalan yang benar. Blimbing melambangkan rukun Islam (blimbing=segilima). Penekno adalah ajakan para wali kepada raja-raja jawa untuk mengambil Islam dan dan mengajak masyarakat untuk mengikuti jejak para Raja itu dalam melaksanakan Islam.
  • Lunyu lunyu penekno kanggo mbasuh dodotiro. maksudnya Walaupun dengan bersusah payah, walupun penuh rintangan, tetaplah ambil untuk membersihkan pakaian kita (dodotiro=baju). Yang dimaksud pakaian adalah taqwa. Pakaian taqwa ini yang harus dibersihkan
  • Dodotiro dodotiro, kumitir bedah ing pinggir, artinya ketaqwaan kita harus diperbaiki, yang jelek jelek kita singkirkan karena sebaik-baik pakaian adalah pakaian taqwa
  • dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore, artinya   benahilah dan sempurnakanlah ke-Islamanmu agar kamu selamat pada hari pertanggungjawaban kelak (sebo=mati;menghadap Allah).
  • Mumpung padhang rembulane, mumpung jembar kalangane, artinya mumpung masih punya kesempatan untuk memperbaiki diri.
  • Yo surako surak hore, maksudnya bila kita berhasil menjalankan itu semua maka kita akan mendapat kebahgiaan.