Selasa, 25 Januari 2011

China dibawah Pemerintahan Mao Tse Tung

Mao lahir dari keluarga miskin sehingga harus hidup prihatin dan bekerja keras. Kerika kecil Mao dikirim untuk belajar di sekolah dasar yang mengajarkan tentang ajaran konfusius. Umur 13tahun ayahnya menyuruh Mao berhenti sekolah untuk bekerja. Mao memberontak dan bertekat ingin menyelesaiakan pendidikannya. Mao kabur dari rumha dan melanjutkan sekolahnya samapi kuliah di Universitas Beijing.
Mao mendirikan partai tahun 1921 dan semakin hari semakin vocal. Antara tahun 1934-1935 ia memegang peran utama dan memimpin tentara merah china mnejalani “long mars”. Sejak tahun 1937 ia ikut mneolong memerangi tentara Dai Nippon yang menduduki wilayah Cina. Dalam perang melawan kaum nasionalis ini, Mao memimpin kaum merah dan akhirnya ia menang pada tahun 1949.

a.Mendirikan RRC dan Menjalain Hubungan dg Uni Soviet
Menyadari bahwa kesempatan untuk mengusir pasukan Jiang dari dartan Cina tinggal selangkah, Mao pada 1 Oktober 1049 mengumumkan berdirnya Republik Rakyat China (RRC). Pemerintahan Mao lalu menjalin hubungan dengan Uni Soviet sehingga Uni Soviet langsung mengakui berdirinya RRC.
Hubungan dengan Uni Soviet semakin erat dengan diundangnya Mao ke Moskow untuk membicarakan hubungan persahabatan antar kedua Negara. Uni soviet menjanjikan bnatuan dalam bentuk pinjaman keuangan transfer teknologi, 20.000 pemuda china dikirim ke Uni Soviet untuk menuntut ilmu dan Uni Soviet mengirim 10.000 tenaga ahli di bidang teknik ke China.
Tugas berat yang harus dijalani Mao dalah membangun kembali cina yg hancur akbat penjajahan Jepang dan perang saudara. Agar itu terlaksana, pemerintah menjaga kestabilan social dan ekonomi. Upaya yg dilakukan:
1.       memberikan kekuasaan pada petani dan buruh, senaliknya memangkas kekuasaan kaum pemilik modal, tuan tanah kapitalis, intelektual dan orang asing.
2.      Mengendalikan surat kabar dan buku dengan menyensor ketat
3.      Dilakukan modernisasi terhadap peralatan industry, kereta api, sekolah, rumha sakit, bendungan, serta fasilitas umum lainya.
Rekonstruksi dalam bidang ekonomi dilakukan dengan:
1.      Mengendalikan peredaran uang, perbankan serta pemberian kredit, dalam waktu setahun inflasi berhasil dikendalika.
2.      Mei 1950, pemerintah mengaluarkan mata uang baru yang disebut renminpiao
3.      Melarang penggunaan mata uang asing
4.      Pemerintah menguasai industry kunci yang dibangun oleh pemerintah nasional.

b.   Putusnya hubungan dengan Uni Soviet
Mao pada akhir tahun 1957 menyimpulkan bahwa Uni Soviet tidak dapat lagi dijadikan sebagai model pembangunan China. China perlu menemukan caranya sendiri untuk memecahkan berbagi permasalahan yakni dengan mengerahkan sumberdaya yang sangat berlimpah di negerinya yang berupa tenaga kerja. Mao akan mengubah china dari Negara agraris menjadi industry dalam waktu sekejap.
Secara prisndip, program mao ini adalah meningkatkan industry ringan, produksi baja, dan kontruksi secara besar-besaran serta pengerahan tenaga rakyat.
Namun kebijakan baru Mao ini justru menuai bencana. Hasil panen gandum yg melimpah tahun 1958 dibiarkan membusuk karena kaum pria yg harusnya memanen harus bekerja di lading. Sebagai akibatnya 30 juta rakyat China meninggal karena kelaparan pada tahun 1959-1962.
Mao juga berambisi menggantikan Uni Soviet menjadi pemimpin komunis dnia. Tahun 1963 Mao menuduh Khruschev telah mengkhianati komunis dan mendukung kapitalisme, akibatnya terbentuklah 2 kubu yang pro-Soviet dan Pro-China. Hubungan dengan Uni Soviet menjadi putus dan ilmuwan yang ada di cina ditarik kembali.

c.    Revolusi Kebudayaan
Kegagalan kebijakan Mao menyebabkan pengunduran dirinya sebagai ketua umum RRC tahun 1959 dan digantikan oleh Liu Shaqoi. Kegagalan ini mengakibatkan kritik berlanjut kepada Mao.
Tergerak karean penderitaan rakyat, Liu Shaoqi memiliki gagasan untuk melunakan penindasan pemerintah terhadap kehidupan social-ekonomi rakyat dengan program Tiga Milik Pribadi dan Satu Garansi. Liu mengizinkan rakyat mengerjakan tanah miliknya dan memiliki usaha kecil untuk dijual di pasar bebas.
Untuk mengimbangi sepakterjang kaum moderat, Mao mencanangkan gerakan pendidikan sosialis pada mahasiswa dan kaum muda, karena tidak didukung oleh partainya.
Mao dan pendukunganya membentuk garda merah. Buku-buku yang memuat ajaran tradisional bangsa Thionghoa serta bneda-bendsa antic warisan leluhur dihancurkan. Penguasa yang tidak sepaham akan disiksa. Akibatnya meletuslah apa yang disebut revolusi kebudayaan yang membuat Negara semakin kacau dan anarki.
9 september 1976, Mao wafat. Era revolusi kebudayaan diangggap berakhir seiring dengan waftanya Mao. Revolusi kebudayaan sebenarnya dipicu oleh pertentangan antara kubu radikal dan democrat dalam partai komunis china serta kegagalan kebijakan Mao. Setelah itu RRC semakin terbuka.