Senin, 17 Januari 2011

MADZHAB

Pengertian

Bahasa
dzahaba  (pergi/jalan/cara)

Menurut Istilah

Jl pikiran/paham/pendapat yg ditempuh seorang imam Mujtahid dlm menetapkan sesuatu hukum Islam dari Alqur’an da Hadist
Kalangan umat Islam

 Sejumlah fatwa/pendapat-pendapat orang alim besar dlm urusan agama baik ibdah maupun liannya
 

KH Sirajudin Abbas

Pendapat/fatwa seorang imam mujtahid
                             
              
kian       dengan demikian terdapat 2 pengertian mazhab, yaitu:

1)    Jl pikiran/metode ijtihad yg ditempuh seseorang iman mujtahid dlm menetapkan hukum suatu peristiwa berdasarkan Alqur’an dan al Hadist
2)    Fatwa/pendapat seseorang imam mujtahid tentang hukum suatu hal/masalah/peristiwa yang diambil dari Alqur’an dan al Hadist 

Sejarah Madzhab
v  Jaman Nabi Muhammad
v  Jaman sahabat/tabiin
v  Sesudah masa tabiin:
·      Madzhab Sufyan bin Uyainah di Makkah
·     Madzhab Laits bin Sa’ad di Mesir
·      Madzhab Maliki di Madinah
·     Madzhab Ishaq bin Rahawiah di Nasbur
·      Madzhab Hassan Basri di Basrah
·     Madzhab Abu Tsaur di Bagdad
·      Madzhab Hanafi di Kufah
·     Madzhab Ahmad bin Hanbal di Bagdad
·      Madzhab Sufyan Tsauri di Kufah
·     Madzhab Daud Dzahiri di Bagdad
·      Madzhab Auza’I di Syam
·     Madzhab Ibnu Jair Attabari di Bagdad
·      Madzhab Syafii di Mesir


Rujukan
ª Alqur’an
ª  Al Khadist dan Sunah
ª  Ijma’ (Kesepakatan/persetujuan para ulama)
ª  Qiyash (Penyaman hukum)
ª  Ihtisan (mencari yg terbaik)
ª  Uruf (Adat kebiasaan: tdk bertentangan dg Nash)
ª  Al Masalih al Mursalah (Mencari kebaikan, dll

Yg berkembang / terkenal 4
v Pendapat imam Dikumpulkan dan dibukukan
v Murid-murid menyebarluaskan, mempertahankan dan menolong
v Dlm organisasi sosial mereka punya kedudukan  à pendapatnya dipatuhi/dihargai
v Kecenderungan penguasa dan masyarakat umum agr keputusan yg diambil pr hakim berasal dari madzhab  (anut salah satu mazhab)

Mengapa Beda?
ü Lazim beda
ü Beda tempat lahir / mukim (lain adat, budaya, alam)
ü Urutan sumber dan kedudukan hadist

Perbedaan tdk menyangkut masalah-masalah pokok
Ø  KeEsaan Alloh

Ø  Turunnya Alqur’an dari dr Alloh

Ø  Kesaksian Nabi sbg Rosul akhir

Ø  Alqur’an mu’jizat terbesar

Perbedaan tdk menyangkut kewajiban prinsipil
Pelaksanaan Sholat, Zakat, Puasa.

Sama pandangan pd Masalah-masalah yg mudah dan sdh diketahui
Ø  babi haram
Ø  minuman keras
Ø  Bangkai
Ø  Pembagian warisan
 
Mazab
Sunah
Lamastun (bersentuhan dg wanita)
Wali nikah
Syafi’i                          
Mendauhulukan hadist tinimbang Ijma’ dan Qiyas
Batal bila bukan muhrim. Muhrim tdk batal
rukun nikah
Maliki
Amal ahli Madinah & Ijma’ para Ulama lebih kuat dibanding khadist ahad
Batal bila disertai syahwat baik muhrim maupun bukan. Bila tidak ada syahwat tidak batal
rukun nikah
Hanafi
Hrs Hadist yg Mashur yg diriwiyatkan 2/3 org. Hadist ahad kalah dg Qiyas (ketat)
Tidak batal, baik muhrim maupun bukan
Bukan rukun nikah (bisa mewaleni sendiri)
Hambali
Memakai hadist sampai tingkat dhoif, jg fatwa para sahabat. Dianggap lebih kuat dibanding Qiyas

Batal bila disertai syahwat baik muhrim maupun bukan. Bila tidak ada syahwat tidak batal
rukun nikah