Minggu, 06 Maret 2011

kerajaan Kutai


A.    Letak
Kerajaan kutai diperkirakan terletak di Muara Kaman, Kutai Kalimantan Timur, tepatnya di hulu sungai Mahakam.
B.     Prasasti
Peninggalan dari kerajaan Kutai adalah 7 buah tugu batu atau Yupa yang digunakan untuk menambatkan hewan kurban. Dalam tugu batu itu terdapat prasasti yang ditulis dengan huruf palawa dan memakai bahasa sansekerta. Dari bentuk hurufnya diketahui kalau prasasti itu dibuat sekitar tahun 400 M.
Adapun isi dari Yupa tersebut anatara lain:
1.      Tentang silsilah kerajaan
“sang maharaja Kudungga mempunyai Putra sang Aswawarman yang seperti sang ansuman (dewa matahari) yang menumbuhkan keluarga (vansakarta). Sang Aswawarman mempunyai tiga putra, yang salah satunya adalah Sang Mulawarman. ”
2.      Tentang Raja Mulawarman
“Mulawarman adalah seorang raja yang baik budi, terwujud dari sedekah banyak sekali, seolah-olah sedekah kehidupan atau semata-mata pohon kalpa (yang member segala keinginan) dengan sedekah tanah”
“tugu ini ditulis untuk peringatan dua perkara yang telah disedekahkan oleh raja mulawarman, yakni segunung minyak kental dengan lampu serta malai bunga”
3.      Tentang Pemberian Sedekah Hewan kurban.
“Sang Mulawarman raja yang mulia dan terkemuka telah member sedekah 20.000 ekor sapi kepada para brahmana yang diletakkan di tanah yang sangat luas bernama Vaprakeswara
C.     Yang Penting
·         Kerajaan kutai berdiri kira-kira abad tahun 400 M, ini diketahui dari bentuk huruf yang terdapat pada Yupa.
·         Raja pertama yang memerintah kutai adalah Kudungga. Nama itu jelas bukan nama Hindu, melainkan nama Indonesia.
·         Aswawarman disebut sebagai vansakarta, yaitu pembentuk keluarga.  “warman” yang berarti pakaian perang yang digunakan sebagai nama belakang raja Raja dianggap sebagai symbol kasta Ksatria. Berdasarkan nama dan gelar tersebut, kerajaan kutai yang bercorak hindu berawal dari pemerintahan Asmawarman.
·         Kerajaan Kutai oleh para ahli dianggap mencapai masa kejayaan pada masa pemerintahan Mulawarman, karena mampu memberikan sedekah yang besar dan banyak kepada para brahmana seperti yang disebutkan dalam yupa, sebanyak 20.000ekor lembu/sapi.
·         Agama yang dianut oleh Mulawarman adalah agama Hindu, ini terlihat dari penyebutan “Vaprakeswara” yang merupakan tempat suci yang selalu berhubungan dengan tiga dewa besar agama Hindu, yaitu Brahma-Siwa-Wisnu.
·         Di kutai juga ditemukan bebrapa arca batu, tetapi tidak bisa menambah keterangan tentang kerajaan kutai.