Selasa, 25 Januari 2011

Kemajuan Ekonomi Korea

Factor yang mendoronng perkembangan perekonomian korea:
1.      Inovasi industry
Korea menciptakan berbagai inovasi dalam kebijakan ekonominya agar banyak investor yang menanamkan modalnya pada perusahaan korea
2.      Ilmu pengetahuan dan teknologi
Korea berusaha mengembangkan investasi penelitian yang menunjang perkembangan pengetahuan yang berkaitan dengan teknologi yg dapat mempermudah proses produksi.
3.      Informasi dan komunikasi
Hampir setiap warga korea mempunyai fasilitas telpon seluler dan koneksi internet disetiap rumah. Sebagian besar masyarakat korea adalah masyarakat industry yang dari makanan sampai transportasi tergantung dengan computer dan teknologi informasi.
4.      Kebijakan dalam bidang ekonomi
a.       Investasi asing langsung
b.      Liberalisasi pasar modal
c.       Sistem pendukung yang berorientasi pada investor
5.      Implementasi ajran konfusius
Ajaran konfusius yang dilihat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi korea dengan cepat adalah ajaran mengenai kepatuhan dan kesetiaan, pemahaman bahwa Negara adalah agen moral yang aktif dalam pembangunan masyarakat, pembangunan atas status dan hierarki, penekanan pada pengembangan diri dan pendidikan, dan perhatian terhadap harmoni soaial, sikap hormat kepada pemerintah dan patuh pada atasan, mengutamakan kepentingan kelompok diatas kepentingan sendiri.
6.      Dampak penjajahan jepang
Kolonialisme jpang yang begitu brutal telah meninggalkan bekas ekonomi-politik korea selatan yang kemudian memiliki kemampuan pertumbuhan yang tinggi sebagai jalan menuju pembangunan.

Factor yang menghambat perkembangan perekonomian korea
1.      Pengaruh ideology tertutup (khususnya untuk korea utara)
2.      Prolifiderasi nuklir

Dampak perkembangan perekonomian korea bagi dunia internasional
1.      Lahan investasi asing
2.      Penghubung logistic internasional