Selasa, 25 Januari 2011

Jepang Pasca PD II

Setelah menyerah pada sekutu pada 14 agustus 1945, jepang memasuki zaman kependudukan. Amerika serikat ditunjuk menduduki jepang karena As banyak mengenal dan mengetahui tentang jepang disbanding Negara sekutu lainya.
Politik pendudukan As di jepang memang keras, namun kuga lunak, karena jepang diberi kesempatan untuk mengambangkan ekonomi dan diberi bantuan untuk mengembangkan sistem demokrasi.
Tugas yang diemban pemerintah pendudukan adalah:
1.      Melikuidasi militerisme jepang dan nasionalisme yang dipengaruhi militerisme
2.      Mengadili pejabat-pejabat perang dengan mengecualikan tenno dari mereka
3.      Menyingkirkan dari pimpinan yang dianggap turut bertanggung jawab atas politik agresi
4.      Pembayaran rampasan perang atas Negara-negara yg dirugikan
5.      Penghancuran industry perang dan pelucutan senjata jepang
6.      Melaksanakan langkah-langkah pendemokrasian jepang di bidang politik, ekonomi, dan pendidikan.
Untuk melaksanakan tugasnya, As dibantu:
1.      Tentara pendudukan yg sebagian adalah tentara AS
2.      Merkas besar di Tokyo yg dibagi dlm bagian-bagian yg masing-masing bertanggung jawab atas kelancaran petahanan penduduk
3.      Tim pemerintahan yang terdiri dari golongan militer yg berada di tingkat propinsi yg menjalankan kebijakan di tempat itu.
Masa pembaharuan As di jepang dibagi menjadi:
a.       Masa pembaharuan (1945-1948)
Tujuan umum pembaharuan ini adalah menjadikan jepang lebih demokratis dan stabil, baik dalam bidang politik maupun ekonomi. As menghendaki agar setelah jepang kuat, kelak akan menjadi teman dalam mengahadapi pengaruh komunisme Rusia dan RRC.
Pembangunan dibagi menjadi dua, yaitu:
1.      Pembangunan jangka pendek, dengan tujuan mencapai self supporting
2.      Pembangunan jangka panjang dengan tujuan mencapai stansar hidup yang semakin tinggi melalui industrialisasi sesuai dengan kemampuan.
Dalam masa pembaharuan ini, kekuasaan dan kekayaan Negara dibagi secara adil dianatar golongan petani, burh, kotawan, orang kaya. Semnetara itu jabatan dalam pemerintahan dirombak sama sekali, pangkat-tingkat jabatan ditentukan secara kategori dan bukan karean jasa-jasanya.
Pembaharuan dilakukan dengan baik, jepang menerima pembaharuan tanpa pemberontakan.
b.      Masa penetapan
Pada masa ini ditetapkan oleh As bahwa kekuasaan dan kekayaan golongan militer telah dibagi secara merata.
Pada masa ini mulai terdengar kritik-kritik mengenai pendudukan As di jepang, terutama dikalangan golongan terpelajar yang prokomunis.
Mc Arthur ingin menyerahkan kedaulatak kepada jepang namun dihalangi ole Rusia karena tidak ingin melihat demokrasi jepang sukses dan menghambat perkembangan komunis.
c.       Masa peninjauan kembali
Perselisihan Mc Arthur dengan Presiden Truman membuatnya diganti oleh jendral Matthew Bidgway di jepang. Matthew membiarkan jepang mengambi kepemimpinannya sendiri. sepetember 1951 dilakukan persetujuan san fransisico yg berisi:
1.      Jepang mengakui kemerdekaan korea dan kehilangan hak atas korea beserta pulau-pulau quelpart, port halmilton, dan degelet.
2.      Jepang kehilangan hak atas Taiwan dan percadores
3.      Jepang kehilangan hak atas kuril, sakalin, dan pulau-pulau yg telah diserahkan kepadanya oleh perjanjian portmush th 1905
4.      Jepang menyerahkan segala milikinya di pasifik
5.      Jepang kehilangan hak atas antartika
6.      Jepang kehilangan hak atas pulau spartly dan paracel
Pendudukan kaisar ssat itu menjadi berubah. Yang dulunya feodal, memgang kekuasaan penuh dan dianggap suci,diubah semua. Kaisar kini menjadi simbol kesatuan rakyat, kedudukan kaisar atas kehendak rakyat, kedaulatan tertinngi ada ditangan rakyat.
Hasil-hasil masa pendudukan
1.      Politik pemerintahan
a.       Terbentuknya konstitusi 1947, menggantikan kontitusi 1889, dimana kekuasaan kaisar yg dulu dianggap suci dan tidak diganggu gugat sekarang berdasar kehendak rakyat.
b.      Dihidupkan kembali parpol-parpol seperti partai liberal dan partai demokrasi sosia
c.       Huhungan natara agama Shinto dan pemerintahan jepang
2.      Ekonomi
a.       Zaibatsu dibubarkan
b.      Diperbaharuinya UU agrarian tahun 1846 dimana tuan tanah tidak berdiam di tanahnya (absentte) harus menjual kepada pemerintah
3.      Social
a.       Dibentuknya organisasi serikat buruh dan pendudukan mengeluarkan larangan buruh pemerintahan mengadakan pemogokan
b.      Semua orang militer, pembesar tinggi kepala perusahaan dan pemimpin intelektual dipercaya mempunyai hubungan agresi jepang berdasarkan pekerjaannya dihentikan dan dilarang mendapat jabatan
4.      Pendidikan
Pendidikan bertujuan untuk mengubah semangat dan isi pendidikan sekolah
5.      Militer
a.       Perjanjian postdam menetapkan bahwa semua perang dan orang-orang yang melakukan kejahatan pada tawanan perang sekutu akan dihukum.
b.      Dibentuk pengadilan internasional di tokyo