Minggu, 23 Januari 2011

soal Industri pariwisata

1. Apakah perubahan situasi perekonomian politik, sikap suatu masyarakat akan dapat mempengaruhi industry pariwisata?
Jawab :
jelas mempengaruhi, kalaupun itu sifatnya sementara. Tapi tetap terjadi kemunduran di industry pariwisata, karena untuk mulai hidup dan berkembang memerlukan penyesuaian yang waktunya cukup lama. Kemunduran-kemunduran yang dimaksudkan tidak hanya terjadi pada industry pariwisata saja, tapi juga terjadi pada industry-industri penunjang lainnya, yaitu perusahaan-perusahaan yang hidupnya banyak tergantung pada kelangsungan industry pariwisata itu sendiri. Itulah sebabnya perlu dilakukan pengembangan atau penelitian yang mendalam dan perencanaan yang matang, dengan demikian resiko yang akan dating dapat diperkecil atau dihindarkan seminimal mungkin.
2. Bagaimana keuntungan-keuntungan yang dialami bagi suatu Negara yang mengembangkan industry pariwisata di negaranya?
Jawab : 
a) Bertambahnya kesempatan kerja, dengan kata lainakan menghilangkan pengangguran.
b) Meningkatkan penerimaan pendapatan nasional yang berarti pendapatan per kapita juga bertambah.
c) Semakin besarnya penghasilan pajak.
d) Semakin kuatnya posisi neraca pembayaran luar negeri
Jadi dalam pengembangan industry pariwisata dalam suatu Negara, tujuannya adalah untuk mengarahkan dan mengembangkan nilai-nilai ekonomi.
3. Langkah-langkah apa yang perlu ditingkatkan secara terarah dalam pengembangan periwisata?
Jawab : 
Mengenai pendidikan tenaga kerja diberi latihan atau training kerja dan perencanaan pengembangan fisik seperti pembangunan sarana dan prasarana pariwisata agar tujuan wisata dapat terpenuhi.
4. Apakah yang dimaksud dengan prasarana kepariwisataan?
Jawab :
Semua fasilitas yang memungkinkan agar sarana kepariwisataan dapat hidup berkembang sehingga dapat memberikan pelayanan yang memuaskan untuk kebutuhan wisatawan yang beraneka ragam.
5. Sebutkan dampak-dampak adanya industry pariwisata di Indonesia?
Jawab :
Adanya industry pariwisata di Indonesia mempunyai berbagai dampak, baik positif maupun negative. Dampak positif adanya industry pariwisata adalah menghasilkan pemasukan atau pendapatan bagi daerah sekitar, pemerintah daerah dan lain-lain. Berbagai mata pencaharian baru muncul dengan adanya industry pariwisata tersebut. Selain dampak tersebut, adanya industry pariwisata di suatu daerah mengakibatkan ramainya daerah tersebut serta dikenalnya daerah wisata tersebut diluar daerahnya. Adapun demikian tak dapat dipungkiri adanya industry pariwisata di suatu daerah juga mengakibatkan timbulnya dampak-dampak negative, salah satunya adalah timbulnya masalah-masalah sosial, seperti prostitusi, dan lain-lain. Hal ini adalah suatu penyakit masyarakat yang sulit untuk dihentikan.
6. Bagaimana hubungan antara industry pariwisata dengan paket wisata?
Jawab :
Lahirnya paket wisata erat kaitannya dengan industry pariwisata. Paket wisata lahir sebagai bagian dari industry pariwisata. Berkembangnya industry pariwisata mengakibatkan perlunya prasarana dan sarana untuk menunjangnya. Berbagai sarana di buat untuk memudahkan dalam menempuh pariwisata tersebut. Misalnya transportasi , hotel, rumah makan, dan lain-lain. Di daerah pariwisata biasanya terdapat berbagai macam objek, sehingga memerlukan waktu yang tidak sebentar atau beberapa hari untuk menikmati pariwisata tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, maka munculah paket wisata yang tujuannya untuk memudahkan dalam perjalanan wisata.
7. Salah satu factor penunjang dalam industry pariwisata adalah kelengkapan sarana dan prasarana obyek wisata tersebut. Apa yang anda ketahui tentang sarana dan prasarana kepariwisataan?
Jawab :
Prasarana adalah semua fasilitas yang memungkinkan agar sarana keperiwisataan dapat hidup dan berkembang sehingga dapat memberikan pelayanan yang memuaskan untuk kebutuhan wisatawan yang beraneka ragam. Contoh : jalan raya, instalasi listrik, air bersih, jaringan telepon. Sedangkan sarana kepariwisataan adalah perusahaan-perusahaan yang memberikan pelayanan kepada wisatawan , baik secara langsung maupun tidak langsung serta kehidupannya tergantung pada kedatangan wisatawan . contoh : hotel, rumah makan, toko souvenir dll.
8. Industry priwisata dapat dikatakan sebagai induk dari semua kegiatan wisata. Jelaskan pertanyaan berikut!
Jawab :
Pengertian dari industry pariwisata sendiri adalah serangkaian perusahaan, baik pemerintah maupun swasta yang menghasilkan produk atau jasa yang berbeda satu dengan yang lainnya. Industry pariwisata ini merupakan layanan pengembangan , produksi, dan pemasaran produk untuk memenuhi kebutuhan orang yang melakukan kegiatan wisata. Komponen dari industry parwisata adalah agen pariwisata , biro perjalanan , paket wisata ,obyek , fasilitas dan transportasi.
9. Sarana kepariwisataan terbagi menjadi tiga macam , yaitu sarana pokok, pelengkap, dan penunjang kepariwisataan. Berikut ini yang merupakan penunjang kepariwisataan adalah
a) Hotel
b) Rumah makan
c) Lapangan golf
d) Souvenir shop
e) Transportasi
Jawab :
d. souvenir shop
karena penunjang kepariwisataan berfungsi untuk membuat wisatawan lebih banyak membelanjakan uangnya di tempat yang dikunjungi tersebut.
10. Berikut ini yang bukan merupakan cirri-ciri produk industry pariwisata adalah
a) Produk industry pariwisatatidak dapat dipindahkan
b) Perlu peran perantara, karena proses produksi terjadi bersamaan dengan konsumsi
c) Permintaan terhadap produk pariwisata banyak yang tergantung pada tenaga manusia
d) Produk industry pariwisata tidak mempunyai standart atau ukuran yang obyektif
Jawab :
b. perlu peran perantara, karena proses produksi terjadi bersamaan dengan konsumsi. 
Karena jika proses produksi terjadi bersamaan dengan konsumsi, maka tidak perlu peran perantara.