Sabtu, 15 Januari 2011

oceania

Oceania, adalah pulau- pulau kecil yang ada di pasifik. Diantaranya adalah: Solomon, Samo, Marshall, Kaledonia Baru, Mariana, Fiji, Van wafu, papua nugini,mariana, kaledonai baru.
Negara-negara kecil itu mengalami dekolonialisasi (pelepasan dari penjajahan) pada tahun 70 dan 80-an. Namun setelah merdeka Negara-negara kecil itu tidak mampu berkembang dengan baik sehingga mengalami keterbelakangan. Ini disebabkan karena perkembangan teknologi dan SDM sangat buruk, padahal mereka mempunyai SDA yang cukup melimpah. Mereka masih mengharap bantuan dari Negara-negara maju, seperti RRC, Jepang, Amerika, Rusia.
Tindakan yang dilakukan oleh Negara-negara maju di Oceania adalah melakukan pembinaan untuk memajukan Negara-negara kecil itu. Cara yang digunakan adalah mendatangkan ahli-ahli mereka untuk bekerja di sana dan mengajari orang-orang sana supaya bisa mengelola teknologi sendiri. Selain itu mereka juga mendidik orang-orang Oceania ke Luar negeri dan dikembalikan ke asalnya untuk membangun negaranya.
Salah satu wilayah di Oceania yang belum merdeka adalah Kaledonia Baru. Wilayah ini meliputi kaledonia dan kepulauan kecil di sekitarnya dan masih menjadi kekuasaan Perancis sampai sekarang. Penyebab Perancis tidak mau memberikan kemerdekaan kepada wilayah ini adalah:
1.      Sumber Daya Alam Melimpah
2.      Potensi Lautnya besar
3.      Berlaku teori domino, saat kaledonia baru diberi kemerdekaan maka wilayah lain juga akan menuntut hal yang sama.
4.      Kepulauan Muruora yang tidak berpenghuni kecuali ular-ular dijadikan sebagai tempat ujicoba nuklir perancis.