Kamis, 31 Maret 2011

hubungan Asia Tenggara dengan Asia Barat


1.  Dalam bidang Religius:
Asia Barat merupakan tempat munculnya tiga agama yaitu Yudaisme, Kristen, dan Islam. Agama-agama tersebut telah tersebar di seluruh Asia, bahkan asia tenggara pun telah menganut agama tersebut.
2. Dalam bidang militer dan perdagangan:
Asia Barat mengekspor barang-barang dagangannya ke Asia Tenggara khususnya permadani, mutiara dan gading di sekitar selat Malaka dan Jazirah Indocina dan berhubungan dengan kerajaan Champa ( Kamboja)
Dalam bidang militer antara lain kerajaan Aceh ketika menyerang Malaka, tahun 1601 meminta bantuan kesultanan turki dengan dikirimnya meriam.
Peranan Peradapan Lembah Sungai Eufrat dan Trigis serta Peradapan Lembah Sungai Yordan:
·   Peradapan lembah sungai Eufrat dan Trigis:
Pada peradapan ini terdapat peradapan bangsa Sumeria, Akadia, Babilonia. Dengan hasil kebudayaan yang telah berkembang seperti di Sumeria yaitu kesusastraan yang berkembang baik dengan karya terkenalnya adalah kisah kepahlawanan Gilgames sementara di Babilonia ada hukum Hamurabinya. Hasil kebudayaan tersebut dapat diadopsi oleh negara-negara lain di Asia.
·   Peran sungai Yordan:
Pada saat itu masyarakat di lembah sungai Yordan mengenal kepercayaan yang bersifat monotheisme yaitu adanya satu Tuhan Yang Maha Esa atau disebut Yahwe atau Yehwa. Dan ditempat itupula lahir agama Yahudi dan Nasrani. Dimana agama tersebut berkembang diseluruh penjuru dunia dengan pesat.