Minggu, 23 Januari 2011

SOAL-SOAL TENTANG PAKET WISATA

1) Paket wisata apa yang cocok untuk dinikmati oleh mahasiswa sejarah
Jawab : yaitu paket wisata dengan obyek 
• Peninggalan-peninggalan kerajaan seperti candi-candi/bangunan bersejarah yang biasa menjadi kajian dalam pembelajaran sejarah.
• Museum-museum purbakala ataupun museum sejarah. Namun perlu diingat dalam hal ini harus diselingi dengan tempat-tempat rekreasi agar mahsiswa tidak jenuh.
2) Di era modern ini, transportasi apakah yang paling cocok untuk melaksanakan paket wisata:
Jawab :
Tentunya harus dilihat obyek apa yang hendak dikunjungi, karena kondisi lapangan juga menentukan sarana apa yang harus dipakai dalam sarana transportasi. Missal, untuk daerah yang memiliki jalan yang rusak dan sulit dijangkau, dan tidak ada area lepas landas hendaknya menggunakan mobil 4x4 semisal jeep, ford ranger ataupun pajero sport 4x4. Kemudian untuk daerah ditengah hutan yang hanya bisa dicapai lewat sungai, bisa menggunakan perahu kecil bermotor. Jika tempat-tempat wisata kota, mobil biasa, bisa digunakan tentunya. Jalur pesawat pun juga hanya dilakukan jika jaraknya teramat jauh dari tempat asal.
3) Mengapa Thomas cook menggunakan kereta api dalam melakukan paket wisata?
Jawab :
Melihat ke awal, dengan jumlah peserta wisata yang mencapai 570 orang dirasa sangat berbahaya jika menggunakan kereta kuda dalam perjalanan karena bandit-bandit dan perampok pada saat itu masih banyak berkeliaran. Kereta dipilih karena factor efisiensi waktu dan tempat. Dengan di bukanya jalur baru, maka di masa itu kereta-kereta biasa dijadikan alternative pilihan yang efisien dalam akomodasi paket wisata.
4) Bagaiman pendapat anda tentang peket wisata pada KKL 2/?
Jawab :
Menurut saya , jika melihat dari segi transportasi, sarana boga, obyek kunjungan , dan sarana akomodasi yang perlu digaris bawahi adalah tentang sarana boga dan pemilihan tempat akomodasi yang berupa hotel. Dalam hal sarana boga , paket wisata tidak sesuai dengan realita, dimana makan box harusnya 1x, namun kenyataannya malah 3x, kemudian untuk hotel, sebenarnya hotel nyaman, tapi mengapa harus putar balik badungan semarang . tentunya ini sagat tidak efisien dari segi waktu. Dan seolah-olah, biro perjalana hanya mengejar keuntungan saja. Dalam hal bus dan obyek dirasa cukup.
5) Bagaimana cara agen pariwisata dalam menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi bersamaan dengan perkembangan zaman atau pada masa yang akan dating?
Jawab :
Para agen yang menyediakan sarana pariwisata , dalam hal ini paket wisata yaitu ahrus mampu melakukan kebijakan-kebijakan sebagai berikut :
• Agen perjalanan harus berorientasi bisnis dan mejual produk dan jasa pariwisata.
• Setiap agen harus menyediakan paket wisata sesuai permintaan yang diminta oleh konssumen.
• Agen perjalanan harus berpotensi dalam menyediakan berbagai macam produk perjalanan wisata terutama pada waktu liburan.
• Membina hubungan yag akrab dengan pelanggan , pemasaran dapat dilakukan dengan menebarkan daya arik , mempertahankan dan mengintensifkan hubungan dengan pelanggan.
• Mutu pelayanan merupakan factor utama pada perkembangan pariwisata khususnya pada penyediaan paket wisata.
6) Bagaimana sejarah paket wisata di Indonesia?
Jawab :
Sejarah perkembagan biro perjalanan atau paket wisata di Indonesia dimulai dengan dikeluarkannya surat keputusan gubernur jendral atas pembentukan VTV (verenidge Touristen Veskeer) di Batavia,Jakarta. Selain berfungsi sebagai travel agent juga berfungsi sebagai kantor pemerintahan yang bertujuan untuk mengurusi orang-orang belanda yang ingin mengambil cuti,dikarenakan orang belanda yang ingin mengambil cuti memerlukan waktu yang lama. Tahun 1926 pemerintah belanda mendirikan travel di Batavia yang bernama LIssone Lindemane (LISLAND). Perkembangan kegiatan wisata atau tour di Indonesia khususnya di pulau jawa dan Sumatra sejak tahun 1927, yang diorganisir oleh LISLAND. Tempat yang dikunjungi adalah badung, Yogyakarta, dan garut selama enam hari dengan biaya f.140 per orang. Tahun 1955 setelah Indonesia merdeka LISLAND diambil alih oleh pihak Indonesia dan diganti menjadi perusahaan Negara di bawah naungan mentri perhubungan.
7) Apa sajakah syarat-syarat paket wisata?
Jawab :
• Adanya kaitan antara beberapa unsure atau komponen sarana kepariwisataan. Misalnya, sarana transportasi, sarana akomodasi, sarana jasa boga , obyek atau daya tarik wisata, dan jasa layanan panduan pariwisata.
• Adanya suatu unsure kepariwisataan lain yang membangkitkan semua unsure sarana kepariwisataan dalam suatu bidang perjalanan yang kemudian dikenal dengan nama biro perjalanan.
8) Mengapa kegiatan wisata yang diselenggarakan oleh Thomas cook itu disebut paket wisata?
Jawab:
• Keseluruhan kegiatan terdiri dari dua unsure , yaitu : perjalanan dengan kereta api dan kunjungan ke pameran , di kemas dalam satu paket (package) dengan jadwal yang telah ditentukan.
• Dari biaya satu shilling tersebut sudah termasuk (include) biaya kereta api, Leicester-loughborough pp, dan biaya kunjungan ke pameran yang diselenggarakan di loughborough.
9) Apa keuntungan penyelenggaraan paket wisata bagi biro perjalanan?
Jawab : pada dasarnya paket wisata adalah hasil karya dari biro perjalanan itu sendiri. Paket wisata dijadikan sebagai dasar dari penyelenggaraan sebuah wisata. Pembuatan paket wisata ini menguntungkan biro perjalanan karena mampu mengundang minat para konsumen untukmemilih paket liburan atau paket wisata seperti apa yang mereka inginkan . karena di dalam peket wisata terdapat sarana transportasi, akomodasi yang ditawarkan, jasa boga yang biasanya disertai dengan menu makanan yang disediakan , daya tarik obyek-obyek yang ditawarkan serta jasa-jasa panduan wisata lainnya. Hal ini memungkinkan konsumen untuk terlebih dahulu memilih paketwisata mana yang akan mereka pilih. Imbasnya bagi biro perjalanan adalah meningkatnya permintaan untuk melakukan kegiatan kepariwisataan yang menambah pundi-pundi penghasilan bagi pihak biro perjalanan itu sendiri. Selain meningkatkan pendapatan biro perjalanan dibuatnya paket wisata juga dimungkinkan untuk mengukur keunggulan satu biro dengan biro perjalanan lainnya. Ketika suatu biro perjalanan memiliki lebih banyak paket wisata serta dilengkapi dengan fasilitas yang sesuai dengan paket wisata tersebut di daerah-daerah yang dianggap berpotensi menjadi obyek wisata dibandingkan dengan biro perjalanan lain yang tidak memiliki paket wisata yang serupa maka secara otomatis orang akan lebih memilih biro perjalanan yang lebih komplit paket wisatanya. Dengan kata lain paket wisata dalam hal ini dijadikan sebagai saran promosi.
10) Apa factor yang menyebabkan keberhasilan paket wisata yang ada, saat ini?
Jawab :
Seperti diketahui penyelenggaraan paket wisata pertama kalinya dilakukan oleh Thomas cook pada 1841, sedangkan factor pendukungnya adalah adanya revolusi industry di inggris, ditemukannya alat transportasi berupa kerta api, serta aspek psikologi orang-orang yang bekerja di perindustrian saat itu.
Berbeda dengan saat itu keberhasilan paket wisata saat itu lebih dipengaruhi oleh adanya factor ekonomi. Sebuah paket wisata dikatakan berhasil ketika para wisatawan yang melakukan kegiatan kepariwisataan merasa puas dengan berbagai sarana, fasilitas, serta akomodasi yang ditawarkan oleh perusahaan biro perjalanan. Sedangkan pihak biro perjalanan sendiri akan memberikan berbagai penawaran paket wisata sesuai dengan harganya. Biasanya paket wisata di bagi dalam kelas biasa,menengah dan mewah. Jika menginginkan akomodasi yang benar-benar mewah maka konsumen harus mengelluarkan uang untuk kegiatan kepariwisataannya lebih mahal. Jadi dalam hal ini ekonomilah yang mengambil peran penting dalam keberhasilan sebuah paket wisata. Namun factor lain juga mempengaruhinya, seperti factor politik serta stabilitas keamanan suatu daerah. Keadaan politik yang tidak stabil pada suatu daerah atau Negara dapat mempengaruhi kunjungan wisatawan. Begitu pula dengan keamanan seperti kasus bom bali yang menyebabkan turunnya pendapatan biro perjalanan karena paket wisata yang mereka tawarkan tidak laku dijual akibat sepinya wisatawan yang datang ke bali.